Danau Paisu Pok

Danau Paisu Pok | Surga Eksotik yang Airnya Hitam Sebening Kaca

Danau Paisu Pok Halo sahabat hobitravelling, Danau Paisu Pok ini berada di Sulawesi tengah. Yang danaunya mempunyai dua rasa, selanjutnya di Kalimantan ada juga danau dua rasa lho yang di kenal dengan nama Danau Labuan Cermin.

Danau ini menawarkan air sebening kaca, jadi kami yakinkan jika tiap pengunjung pasti akan terbius setelah sampai di sini. Ini adalah tempat yang akan memberi kalian the real ketenangan dengan udara segarnya!

Tetapi memang letak danau seindah ini jauh dari perkotaan dan masih di kelilingi hutan yang demikian asri. Intinya Rekommended sekali untuk kamu yang traveling ke Sulawesi tengah untuk berkunjung ke wisata alam Danau Paisu Pok.

Sejarah Pemberian nama Danau

Danau Paisu Pok
IG :@zayynaya_

Rupanya ada alasan tertentu kenapa danau ini diberi nama Danau Paisu Pok yang artinya air hitam. Hal itu karena warga di tempat menyaksikan warna air yang berada di tempat danau nyaris menghitam.

Walau sebenarnya hal tersebut muncul karena pantulan dari rumput pada bagian dasarnya hingga air yang awalannya kelihatan berwarna biru lebih gelap.

Daya Tarik Danau Paisupok Sulawesi Tengah

1. Air Sebening Kaca

Danau Paisupok
IG :@jiwa.muda_

Di air danau ini, kalian bisa bercermi lho guys, jadi kebayang ya sejernih apa air yang berada di danau ini. Bahkan juga semua jenis tumbuhan maupun hewan yang berada di dasar danau laut pasti akan terlihat di atas permukaan danau.

Dan yang gak kalah penting, kalian jangan lupa juga untuk berfoto supaya bisa mengabadikan tiap moment. Hasil foto yang diperoleh juga akan sangat cool dan instagenic.

Udah jauh untuk sampai ke lokasi wajib banget dah apa lagi uang yang dikeluarkan nggak terlalu besar.

2. Warna Air Biru Kehitaman

Danau Biru Hitam paisu Pok
IG :@@rifandypandy

Selanjutnya daya tarik lainnya berupa warna air yang ada di danau ini, di mana cukup berlainan dari danau yang banyak di temui secara umum.

Kayak Yang telah disebutkan diatas, jika warna air di danau ini biru kehitam-hitaman. Padahal sebenarnya warna gelap itu dikarenakan oleh pantulan tumbuhan rumput laut yang ada pas di dasar danaunya.

3. Udara yang Sejuk dan Menyegarkan

IG :@@soalpalu

Sudah tentu udara di sini sejuk apa lagi jauh dari kegaduhan perkotaan dan banyaknya pohon yang tumbuh lebat hingga udara di sini sangat menyejukan. Khususnya udara dingin pada pagi harinya.

4. Pemandangan Keelokan Alam

Panorama Alam Danau Paisu Pok
IG :@taufikhidayat_e.l

Saat sebelum sampai juga kita sudah di sajikan dnegan pemandangan keelokan alam sekitaran dari Danau Paisu Pok sendiri. Hutan yang rimbun, udara yang begitu memberi kesegaran dan menyejukan dan situasi yang asri.

Cuman berbentuk hamparan hijau saja yang nampak, paling tidak ini satu diantara cara mencari ketenangan. Apa lagi untuk mereka yang menyukai menjelajahi alam atau kerap disebut pecinta alam.

Setelah sampai ke danau anda dapat menaiki perahu kecil yang ada di situ untuk menyusuri tiap segi keelokan danau ini.

5. Mempunyai Ombak yang Tenang

Paisu Pok
IG :@monalisa_cafeondae

Danau Paisu Pok yang berada di wilayah Sulawesi tengah ini mempunyai ombak yang begitu tenang . Maka kegiatan berenang di sini juga lumayan aman untuk dilakukan. Bahkan juga sobat dapat menyaksikan panorama yang ada pada dasar paling bawah danau yang membuat kita berdecak terpukau oleh keindahan nya.

Selain dari itu juga, pengunjung bisa menyaksikan hewan dan tumbuhan apapun itu yang berada di dalam danau kaca ini.

6. Mempunyai Air Dua Rasa

Air Dua Rasa Danau paisupok
IG :@adjieprsty_

Ini hal yang menarik dari biasanya, danau yang berada di Indonesia dan cuman sedikit dimiliki dengan air dua rasa. Di mana dulunya air di Danau Paisu Pok ini rasanya asin, karena bila di lihat dari letak geografis yang lumayan dekat dengan laut.

Tetapi makin lama karena proses alam, airnya berganti dan menjadi tawar. Hal tersebut membuat danau ini di juluki danau dua rasa air yaitu air tawar dan asin.

Aktivitas Menarik di Danau Paisu Pok

1. Berenang

Berenang di Danau Paisu Pok
IG :@ckusumanarwasti
Snorkeling Danau Paisu Pok
IG :@omosaviens

Rupanya di sini di bolehkan berenang lho, hingga langsung bisa menyaksikan object jenis tanaman yang hidup di dasar danau. Apa lagi airnya yang memberi kesegaran, dengan kedalaman Danau Paisu Pok sekitaran 4 sampai 5 mtr..

Jadi cukuplah aman bukan bila pengunjung berenang di sini dan di tepian danau mempunyai kedalaman yang sangat dangkal kok.

2. Berkeliling-keliling Danau dengan Perahu Dayung

Berkeliling-keliling Danau Paisu pok dengan Perahu
IG :@jiwa.muda_

Udah tahu kan jika ada fasilitas perahu dayung di sini untuk menambahkan kesan-kesan takjub kalian untuk telusuri tiap segi keelokan dari danau ini sekalian memanjakan mata sejauh perjalanan.

3. Memburu Spot Foto Kece

Spot Foto Danau Paisu Pok
IG :@reksarindra

Danau Paisu Pok ini sangat menarik perhatian siapa aja yang tiba dengan semua keelokannya . Maka sangat sayang apabila sudah liburan jauh-jauh ke Sulawesi tengah tanpa mengabadikan tiap moment-nya.

4. Bermain Air

Paisu Pok
IG :@stevenlarongge

Yang sama sudah disebutkan jika air di sini sangat jernih dan benar-benar menyejukan meskipun sekedar hanya bermain air saja. Intinya cocok sekali dijadikan tempat wisata bagi yang menyukai wisata alam.

5. Menyaksikan Peternakan Ikan Koi

Ikan Koi Danau Paisu Pok
IG :@dindaauliaptr_

wah cukup jarang-jarang ya di dapatkan danau yang sekalian ada tempat pembesaran benih ikan koi. Setelah besar, ikan-ikan koi ini akan di terlepas ke danau Danau Paisu Pok. Bahkan juga dapat anda saksikan saat menyusuri danau ini perahu dayung.

6. Nikmati Pemandangan Alam Sekitaran

IG :@rizki_stecy

Sudah dipastikan ya apalagi yang datang dari luar kota, ingin melepaskan rasa penat, karena itu salah satunya caranya ya nikmati semua kecantikan ciptaan yang maha Kuasa.

Ditambahkan keelokan dari Danau Paisu Pok sendiri yang membuat pengunjung sedang bercermin langsung di air danaunya.

7. Memberi Edukasi Ke Anak

IG :@fauziasaidia

Kalau kalian datang kesini dengan keluarga apa lagi sang anak tercinta, sepanjang perjalanan bisa juga mendidik dengan memperkenalkan macam-macam tumbuhan yang tumbuh disekitaran tempat atau sepanjang perjalanan menyusuri Danau Paisu Pok ini.

Mereka harus juga diperkenalkan dengan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia agar semakin menyukai dan menjaga alam sekitaran.

8. Santai di Gazebo

Gazebo / Gasibu / Gazibu Danau Paisu Pok
IG :@om_dedenarswendy

Sesudah di rasa cukup puas menikmati apa yang di sajikan di Danau Paisu Pok entah itu berenang atau sekadar bermain air. Anda dapat istirahat di gazebo yang sudah disediakan sambil bercakap cakap dengan keluarga maupun rekan dan tak lupa juga sambil menyatap makanan.

Lokasi

Alamatnya ada di Dusun Luk Panenteng, kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi tengah. Dari pusat perkotaan yang memiliki jarak 87 Km, anda cuman memakan waktu 2,5 jam baik dengan kendaraan personal maupun kendaraan umum.

Setelah tiba di dusun juga anda masih perlu mendaki selama 5 sampai 10 menit dari jalan utama menelusuri tiap hutan rimbun untuk datang di Danau Paisu Pok. Memang semua keelokan dari danau ini harus di bayar dengan pengorbanan tenaga yang extra.

Rute Perjalanan

Jalur yang bisa di tempuh bila anda tiba dari luar kota misalkan dari jakarta. Di mana kalian akan meniti perjalanan ke Makassar lalu meneruskan ke arah Kota Kendari. Selanjutnya menuju ke Kota Banggai dan seterusnya ke Bitung.

Dan bila anda datang dari pusat perkotaan Banggai, cukup memerlukan waktu jarak menempuh 3 Km saja. Setelah tiba di wilayah Luk Panenteng, parkir kendaraan anda di tempat yang telah disediakan. Tinggal teruskan perjalanan dengan jalan kaki ke arah Danau Paisu Pok lebih kurang 15 menitan.

Sepanjang jalan kaki yang cuma akan di temui berupa panorama yang cantik dan asri dari pohon-pohonan teduh. Jalanannya juga lumayan mudah di lalu meskipun nanti akan berjumpa beberapa kontur tanah yang turun naik.

Harga Tiket Masuk dan Jam operasional

Sampai di sini dengan semua keelokannya kalian cuma mengeluarkan biaya yang begitu cocok di kantong lho. Kalian Bisa tebak berapakah harga ticket masuknya? Ya betul sekali cukup membayar Rp 10.000/orang.

Selanjutnya untuk pengunjung yang bawa kendaraan individu ada ongkos retribusi kendaraan. Di mana kendaraan roda 2 bayar Rp 2.000/unit dan kendaraan beroda 4 bayar senilai Rp 5.000/unit.

Disitu sudah disiapkan perahu dayung untuk kalian yang ingin menyusuri Danau Paisu Pok dengan biaya Rp 20.000. kalian cukup hanya duduk tenang saja dan akan dibawa keliling danau ini.

Oh ya guys, untuk jam operasinya sendiri dibuka tiap hari sepanjang 24 jam non-stop . Maka dapat semakin puas bukan untuk menikmati semua keelokan dari danau ini.

Fasilitas

Melihat potensi yang lumayan besar sebagai destinasi wisata, jadi lumrah saja beberapa sarana yang berada di sini telah lumayan memadai. Di mana ada tempat parkir motor yang lumayan luas.

Selanjutnya ada kamar mandi yang dapat dipakai untuk ganti baju sesudah setelah berenang. selain dari itu ada gazebo tempat istirahat, kios penjual makanan.

Dan ada pula penginapan lho disekitaran tempat Danau Paisu Pok dan harga cukup ramah kantong yaitu Rp 70.000/malam. Sarananya lumayan komplet dimulai dari kipas, kasur, kamar mandi dan kamar yang lumayan luas.

Aktivitas Menarik di Danau Paisu Pok

1. Berenang

Berenang di Danau Paisu Pok
IG :@ckusumanarwasti
Snorkeling Danau Paisu Pok
IG :@omosaviens

Rupanya di sini di bolehkan berenang lho, hingga langsung bisa menyaksikan object jenis tanaman yang hidup di dasar danau. Apa lagi airnya yang memberi kesegaran, dengan kedalaman Danau Paisu Pok sekitaran 4 sampai 5 mtr..

Jadi cukuplah aman bukan bila pengunjung berenang di sini dan di tepian danau mempunyai kedalaman yang sangat dangkal kok.

2. Berkeliling-keliling Danau dengan Perahu Dayung

Berkeliling-keliling Danau Paisu pok dengan Perahu
IG :@jiwa.muda_

Udah tahu kan jika ada fasilitas perahu dayung di sini untuk menambahkan kesan-kesan takjub kalian untuk telusuri tiap segi keelokan dari danau ini sekalian memanjakan mata sejauh perjalanan.

3. Memburu Spot Foto Kece

Spot Foto Danau Paisu Pok
IG :@reksarindra

Danau Paisu Pok ini sangat menarik perhatian siapa aja yang tiba dengan semua keelokannya . Maka sangat sayang apabila sudah liburan jauh-jauh ke Sulawesi tengah tanpa mengabadikan tiap moment-nya.

4. Bermain Air

Paisu Pok
IG :@stevenlarongge

Yang sama sudah disebutkan jika air di sini sangat jernih dan benar-benar menyejukan meskipun sekedar hanya bermain air saja. Intinya cocok sekali dijadikan tempat wisata bagi yang menyukai wisata alam.

5. Menyaksikan Peternakan Ikan Koi

Ikan Koi Danau Paisu Pok
IG :@dindaauliaptr_

wah cukup jarang-jarang ya di dapatkan danau yang sekalian ada tempat pembesaran benih ikan koi. Setelah besar, ikan-ikan koi ini akan di terlepas ke danau Danau Paisu Pok. Bahkan juga dapat anda saksikan saat menyusuri danau ini perahu dayung.

6. Nikmati Pemandangan Alam Sekitaran

IG :@rizki_stecy

Sudah dipastikan ya apalagi yang datang dari luar kota, ingin melepaskan rasa penat, karena itu salah satunya caranya ya nikmati semua kecantikan ciptaan yang maha Kuasa.

Ditambahkan keelokan dari Danau Paisu Pok sendiri yang membuat pengunjung sedang bercermin langsung di air danaunya.

7. Memberi Edukasi Ke Anak

IG :@fauziasaidia

Kalau kalian datang kesini dengan keluarga apa lagi sang anak tercinta, sepanjang perjalanan bisa juga mendidik dengan memperkenalkan macam-macam tumbuhan yang tumbuh disekitaran tempat atau sepanjang perjalanan menyusuri Danau Paisu Pok ini.

Mereka harus juga diperkenalkan dengan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia agar semakin menyukai dan menjaga alam sekitaran.

8. Santai di Gazebo

Gazebo / Gasibu / Gazibu Danau Paisu Pok
IG :@om_dedenarswendy

Sesudah di rasa cukup puas menikmati apa yang di sajikan di Danau Paisu Pok entah itu berenang atau sekadar bermain air. Anda dapat istirahat di gazebo yang sudah disediakan sambil bercakap cakap dengan keluarga maupun rekan dan tak lupa juga sambil menyatap makanan.

Kesimpulan

Nah, bagaimana guys? sampai disini cukup dulu ya review mengenai Danau Paisu Pok yang terletak di Sulawesi Tengah ini. jadi danau ini sangat rekommended banget buat kamu yang sedang mencari wisata alam eksotik,menyegarkan dan jauh dari kebisingan kota

Dan jangan lupa kapanpun, dimanapun kalian berada. jagalah kebersihan dan keindahan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. jangan pernah merusak alam ya! kasian anak cucu kita nanti yang gak dapat kesempatan untuk melihat keindahan alam nanti nya.

Semoga artikel diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi perjalanan destinasi wisata kalian semua ya. oh iyaa setelah kalian ke danau tadi, jangan lupa bagikan pengalaman seru mu disana ya! tepatnya di kolom komentar bawah ini. terimakasih dan sampai jumpa. Happy Travelling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *