Osaka : Destinasi Wisata Jepang

10 Destinasi Wisata Cantik di Negeri Sakura, Jepang

Destinasi Wisata Jepang Halo Sobat Hobi Travelling, Salah satunya negara di Asia Timur yang disebut tujuan wisata favorit para traveler di penjuru dunia ialah Jepang, negara kepulauan yang kerap dipanggil sebagai Negeri Matahari Terbit dan Negeri Sakura.

Jepang (Nippon atau Nihon) ialah negara maju yang berupa kepulauan yang berada di Samudra Pasifik. Daerah Jepang menghampar dimulai dari Laut Okhotsk di samping utara sampai ke Laut China Timur di samping selatan. Dengan Korea, Jepang dipisah oleh Laut Jepang.

Kepulauan Jepang tersusun atas lebih dari 6.000 pulau yang mayoritas sebagai dataran vulkanik. Empat pulau intinya ialah Honshu, Hokkaido, Kyushu, dan Shikoku. Daerah Jepang dipisah jadi 8 region, dan 47 prefektur. Mata uang yang dipakai di negara ini ialah Yen (JPY) dan bahasa sah yang dipakai oleh warga ialah Bahasa Jepang. Minimal, ada 3 bandara internasional khusus di negara ini yakni Haneda Airport (HND) dan Narita Airport (NRT) yang berada di daerah Tokyo, dan Kansai Airport (KIX) yang berada di daerah Osaka.

Destinasi Wisata Jepang Yang Populer dan Wajib Dikunjungi

Lalu apa saja destinasi wisata favorit yang kerap dikunjungi oleh para traveler di Jepang? Berikut 10 salah satunya:

1. Kyoto

Kyoto, Jepang
IG :@tokyoexperience_

Destinasi wisata pertama ialah Kyoto, kota seribu kuil sekaligus ibukota Jepang lebih dari seribu tahun, saat sebelum dipindah ke Tokyo. Secara geografis, Kyoto berada di region Kansai, di daerah tengah Pulau Honshu. Kyoto sebagai merupakan ibukota Prefektur Kyoto. Jumlah warga kota ini sekitaran 1,empat juta jiwa di tahun 2015.

Dalam Bahasa Jepang “Kyoto” memiliki arti “ibukota” karena kota berikut yang disebut ibukota Jepang pertama kalinya. Kyoto dikenal juga sebagai City of Ten Thousand Shrines karena di kota ini ada beberapa ada kuil Budha atau Shinto yang terlah berusia beberapa ribu tahun.

Di tahun 1994 oleh UNESCO, Kyoto ditempatkan ke daftar World Heritage Site bernama Historic Monuments and Ancient Kyoto. Landmark dan object wisata khusus di Kyoto diantaranya Kuil Kinkakuji, Kiyomizu-dera, Arashiyama, Fushimi Inari-taisha, dan Ryoan-ji. Untuk memperjelasnya, dapat dibaca di Wisata Kyoto.

Baca Selengkapnya ⇒ Wisata Kyoto

2. Tokyo

Tokyo, Jepang
IG :@tokyoexperience_

Destinasi wisata ke-2 ialah Tokyo, dengan ibukota negara Jepang. Tokyo sebagai kota metropolitan paling besar di Jepang dalam jumlah warga lebih dari 13,lima juta jiwa di tahun 2015. Dalam Bahasa Jepang nama Tokyo memiliki arti “Ibu Kota Timur”.

Baca Juga :   Wisata Sapporo, Kota Cantik Yang Berada Di Hokkaido, Jepang

Saat sebelum jadi ibukota, dulu Tokyo dikenali bernama Edo. Tokyo sah jadi ibukota di tahun 1868 saat Kekaisaran Meiji mengalihkan pusat pemerintah dari Kyoto ke Tokyo (Edo). Saat itu nama Edo diganti jadi Tokyo.

Secara geografis Tokyo berada di region Kanto, di daerah tenggara Pulau Honshu. Daerah Tokyo mencakup Kepulauan Izu dan Kepulauan Ogasawara. Landmark dan tempat wisata khusus di Tokyo diantaranya Tokyo Imperial Palace, Kuil Meiji, Kuil Sensoji, Ueno Park, dan Harajuku. Untuk memperjelasnya, dapat dibaca di Wisata Tokyo.

Baca Selengkapnya ⇒ Wisata Tokyo

3. Osaka

Osaka : Destinasi Wisata Jepang
IG :@jpntoday_

Destinasi wisata ke-3 ialah Osaka, kota dermaga paling besar dan pusat perdagangan di Pulau Honshu. Osaka sebagai ibukota Prefektur Osaka sekalian sebagai kota paling besar ke-2 di Jepang sesudah Tokyo. Jumlah warga kota ini lebih dari 2,enam juta jiwa di tahun 2012. Secara geografis, Osaka berada di region Kansai, di muara Sungai Yodo dan Teluk Osaka, daerah tengah Pulau Honshu. Semenjak Masa Edo, Osaka sudah jadi kota pusat perdagangan.

Disamping itu Osaka dipanggil sebagai “tenka no daidokoro” atau “dapur nasional” karena kota ini sebagai pusat perdagangan beras di semua daerah Jepang. Landmark dan object wisata khusus di Osaka diantaranya Universal Studios Japan, Tempozan Ferris Wheel, Osaka Castle, Osaka Aquarium Kaiyukan, Nakanoshima Park, Kuil Sanko, Kuil Shitennoji, Dotonbori, dan festival Tenjin Matsuri. Untuk memperjelasnya, dapat dibaca di Wisata Osaka.

Baca Selengkapnya ⇒ Wisata Osaka

4. Nagoya

Nagoya, Jepang
IG :@ryosuke13

Destnasi wisata ke-4 ialah Nagoya (Nagoya-shi), kota pusat industri dan manufacturing di Pulau Honshu. Nagoya sebagai ibukota prefektur Aichi (Aichi-ken), dan sebagai kota paling besar ke-3 di Jepang sesudah Tokyo dan Osaka. Jumlah warga kota ini lebih dari 2,dua juta jiwa di tahun 2015.

Secara geografis, Nagoya berada di Teluk Ise, region Chubu, daerah tengah Pulau Honshu. 3 orang samurai yang sukses menjadikan satu Jepang: Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi, dan Tokugawa Ieyasu; datang dari daerah Nagoya. Semenjak Restorasi Meiji, Nagoya sudah jadi pusat industri khusus di Jepang.

Dua produsen mobil terkenal dunia, Toyota dan Mitsubishi, mempunyai kantor pusat di Nagoya. Landmark dan object wisata khusus di kota ini diantaranya Nagoya Castle, Kuil Atsuta, Tokugawa Art Museum, Nagoya City Art Museum, Oasis 21, Nagoya TV Tower, Nagoya Port, dan pusat belanja Osu. Lebih detilnya, dapat dibaca di Wisata Nagoya.

Baca Selengkapnya ⇒ Wisata Nagoya

5. Fukuoka

Fukuoka, Jepang

Destinasi wisata ke-5 ialah Fukuoka (Fukuoka-shi), ibukota Prefektur Fukuoka. Secara geografis, Fukuoka berada di region Kyushu, di pantai utara Pulau Kyushu. Fukuoka sebagai kota paling besar di Pulau Kyushu, dalam jumlah warga lebih dari 1,empat juta jiwa di tahun 2012.

Baca Juga :   Wisata Nagoya, Kota Industri di Prefektur Aichi, Jepang

Fukuoka kerap dinamai Dazaifu. Dermaga Hakata dan Fukuoka Airport (FUK), yang berada di kota ini, sebagai pusat transportasi di Pulau Kyushu. Di daerah barat kota ini ada object wisata Sky Dream Fukuoka, sebuah ferris-wheel dengan tinggi 120 mtr.

Landmark dan object wisata yang lain diantaranya Fukuoka Castle, Ohori Park, Kuil Kushida, Kuil Komyozen-ji, Kanal City Hataka, Kyushu National Museum, Fukuoka Art Museum, Fukuoka Tower, Hakata Port Tower, dan Yatai (warung makanan) yang jual mie ramain Hakata. Di Fukuoka kerap diselenggarakan festival tradisionil Jepang, yang terpopuler ialah Hakata Dontaku dan Hakata Gion Yamasaka.

6. Sapporo

Sapporo, Japan

Destinasi wisata ke enam ialah Sapporo, kota paling besar di Pulau Hokkaido. Sapporo sebagai ibukota Prefektur Hokkaido. Secara geografis, kota ini berada di Daratan Ishikari, di pinggir Sungai Toyohira, daerah barat Pulau Hokkaido. Sapporo sebagai kota paling besar ke-4 di Jepang sesudah Tokyo, Osaka, dan Nagoya. Jumlah warga kota ini lebih dari 1,sembilan juta jiwa di tahun 2013.

Di dunia internasional, Sapporo populer dengan festival Yuki Matsuri atau Sapporo Snow Festival yang diselenggarakan di bulan Februari tiap tahun. Sapporo dikenal juga sepagai kota asal biskuit shiroi koibito (white sweetheart), mie ramain miso, dan mie ramain Sapporo.

Landmark dan object wisata khusus di kota ini diantaranya Odori Park, Mount Moiwa Ropeway, Sapporo TV Tower, Former Hokkaido Government Office, Sapporo Clock Tower, Kuil Hokkaido, dan Susukino. Lebih detilnya, dapat dibaca di Wisata Sapporo, Hokkaido.

Baca Selengkapnya ⇒ Wisata Sapporo

7. Hiroshima

Hiroshima, Jepang

Destinasi wisata ke-7 ialah Hiroshima, kota monumental yang sempat jadi sasaran gempuran bom nuklir. Hiroshima sebagai ibukota Prefektur Hiroshima. Secara geografis, Hiroshima berada di Teluk Hiroshima, region Chugoku, daerah barat Pulau Honshu. Jumlah warga kota ini sekitaran 1,17 juta jiwa di tahun 2010. Dalam Bahasa Jepang, Hiroshima memiliki arti “pulau yang luas”.

Di saat Perang Dunia II, Hiroshima sebagai kantor pusat armada perang Jepang dan pusat logistik peralatan militer, karena itu kota ini jadi target bom atom. Pada 6 Agustus 1945, sebuah bom nuklir “Little Boy” dijatuhkan oleh tentara perang Amerika Serikat ke kota ini dan langsung membunuh lebih dari 80.000 jiwa. Tidak itu saja, pada tahun akhir, jumlah warga yang wafat bertambah mencapat sampai 166.000 jiwa karena radiasi nuklir.

Untuk kenang kembali kejadian itu, di kota ini dibuat Hiroshima Peace Memorial Park, Atomic Bomb (Genbaku) Dome, Hiroshima Peace Memorial Museum, dan Peace Pagoda. Object wisata yang lain di kota ini diantaranya Shukkei-en, Itsukushima, Hiroshima Castle, dan Mitaki-dera.

Baca Juga :   Wisata Fukuoka, Kota Menarik di Pulau Kyushu, Jepang

8. Hakone

Hakone, Jepang

Destinasi wisata ke-8 ialah Hakone (Hakone-machi), pintu gerbang ke arah Gunung Fuji (Fuji-san). Hakone ialah kota kecil yang berada di Area Ashigarashimo, Preferktur Kanagawa. Jumlah warga kota ini cuman sekitaran 13 ribu jiwa di tahun 2012.

Secara geografis, Hakone berada region Kanto, di pinggir Danau Ashi, daerah Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu. Daerah Hakone sebagai salah satunya UNESCO Geopark di Jepang. Pada Masa Edo, Hakone cuman sebagai stasiun transit di antara Edo (Tokyo) dan Kyoto. Sesudah Restorasi Meiji, Hakone jadi sebuah kota dan tergabung dengan Prefektur Kanagawa.

Selainnya Gunung Fuji, Hakone populer dengan wisata onsen (permandian air panas). Object wisata yang lain di kota ini diantaranya Danau Ashi, Hakone Gongen, geyser Owakugani, dan Hakone Botanical Parden.

9. Kobe

Kobe, Jepang

Destinasi wisata ke-9 ialah Kobe, kota metropolitan yang berada di Teluk Osaka. Kobe sebagai ibukota Prefektur Hyogo. Kota ini berada di region Kansai, di pinggir utara Teluk Osaka, daerah selatan Pulau Honshu. Dari Osaka, Kobe cuman memiliki jarak sekitaran 30 km di samping barat.

Jumlah warga kota ini sekitaran 1,5 jiwa di tahun 2015. Kobe bersama dengan Kyoto dan Osaka, sebagai sisi dari tempat metropolitan Keihanshin. Kobe sebagai salah satu kota di Jepang yang buka perdangangan dengan beberapa negara Barat. Beberapa perusahaan populer Jepang mempunyai kantor pusat di Kobe, seperti Kawasaki Heavy Industries dan Kobe Steel.

Landmark dan object wisata khusus di kota ini diantaranya Gunung Rokko, Onrima Onsen, Kuil Ikuta, Kobe Chinatown, Akashi Kaikyo Bridge, dan Kobe Port Tower.

10. Nara

Nara, Jepang

Destinasi wisata ke-10 ialah Nara (Nara-shi), yang sebagai ibukota Prefektur Nara. Kota ini berada di daerah utara prefektur dan bersebelahan dengan Prefektur Kyoto di samping utara. Nara berada di region Kansai, daerah tengah Pulau Honshu. Jumlah pendudnuk kota ini sekitaran 368 ribu jiwa di tahun 2010.

Di daerah Nara, khususnya di sekitaran Nara Park, ada beberapa rusa yang jinak. Rusa-rusa itu dipandang seperti hewan suci hingga diproteksi oleh warga. Di Nara ada 8 kuil yang disebut UNESCO World Heritage yakni Todai-ji, Saidai-ji, Kofuku-ji, Kasuga-taisha, Gango-ji, Yakushi-ji, Toshodai-ji, dan Heijo Palace. Object wisata yang lain di kota ini diantaranya Nara Park, Kasugayama Primeval Forest, Isuien Garden, Gunung Wakakusa, Nara Hotel, dan Nara National Museum.

Nah Guys, demikian info mengenai 10 destinasi wisata cantik di Negeri Sakura, Jepang ,Mudah-mudahan berguna. Sampai jumpa di trip selanjutnya!

Check Also

Wisata Fukuoka, Jepang

Wisata Fukuoka, Kota Menarik di Pulau Kyushu, Jepang

Wisata Fukuoka – Beruntungnya Negara Jepang ini , mereka dibantu oleh cuaca buruk, angin topan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *