Wisata Taiwan

8 Destinasi Wisata di Taiwan yang Wajib kamu Kunjungi

Wisata di Taiwan yang Wajib Dikunjungi Halo sobat Hobitravelling ,Salam Traveling! Sesudah Jepang, Korea, dan Cina, saat ini kita ke arah negara selanjutnya di Asia Timur, yakni Taiwan.

Taiwan, nama resminya Republic of China (ROC), ialah sebuah negara kecil yang berada di sebuah pulau di Samudra Pasifik, daerah Asia Timur. Negara ini bersebelahan dengan Cina di samping barat, dengan Jepang di samping timur-laut, dan dengan Filipina di samping selatan.

Dengan dataran khusus Cina, pulau khusus Taiwan dipisah oleh Selat Taiwan (Taiwan Strait). Ibu-kota negara ini berada di Taipei, dengan New Taipei City (Xinbei) sebagai kota paling besar. Bahasa sah yang dipakai oleh warga ialah Bahasa Mandarin (Taiwan) dan mata uang resminya ialah New Taiwan Dollar (TWD). Untuk capai Taiwan lewat lajur udara ada beberapa lapangan terbang internasional di negara ini, yang paling besar ialah Taoyuan International Airport (TPE) yang berada di Taipei.

Destinasi Wisata di Taiwan yang Wajib Di Kunjungi

Apa destinasi wisata yang kerap dikunjungi oleh para traveler di Taiwan? Berikut 8 di antaranya:

1. Taipei

Ibukota Taipei HD

Wisata Taiwan Taipei, nama resminya Taipei City, sebagai ibu-kota negara Taiwan. Secara geografis, kota ini berada di ujung utara pulau khusus Taiwan. Taipei City sebuah enclave dari daerah New Taipei City. Sekitaran 25 km di samping timur laut Taipei, berada kota Keelung, yang disebut salah satunya dermaga khusus di Taiwan.

Jumlah warga kota ini sekitaran 2,tujuh juta jiwa di tahun 2016. Di Taipei ada 2 bandar udara yakni Taipei Songshan Airport dan Taioyuan International Airport yang disebut lapangan terbang khusus di Taiwan. Beberapa landmark dan object wisata khusus di kota ini diantaranya Taipei 101, Chiang Kai-shek Memorial Hall, Dalongdong Baoan Temple, Hsing Tian Kong, National Palace Museum, dan Maokong.

2. Taichung

Wisata di Taiwan : Taichung

Wisata Taiwan Taichung, nama resminya Taichung City, sebuah kota metropolitan yang berada di daerah barat Taiwan. Taichung sebagai kota paling besar ke-3 di negara ini sesudah New Taipei City dan Kaohsiung. Jumlah warga kota ini sekitaran 2,tujuh juta jiwa di tahun 2016. Taichung mempunyai motto “kota ekonomi, budaya, dan internasional”. Di kota ini ada 2 lajur kereta khusus yakni Mountain Line dan Coast Line, dengan stasiun khusus Taichung Station.

Di Taichung ada dermaga Taichung Port yang disebut dermaga ekspedisi paling besar ke-2 di Taiwan. Beberapa landmark dan object wisata khusus di Taichung diantaranya National Taiwan Museum of Fine Arts, National Museum of Alami Science, Confucius Temple, Lin Famili Shrine, dan Pao Hueh Temple.

3. Kinmen

Kinmen

Kinmen, atau Quemoy, sebagai Wisata Taiwan yng berupa jejeran beberapa pulau kecil yang berada di pinggir pantai tenggara dataran khusus Cina. Jejeran beberapa pulau itu mencakup Great Kinmen (Kinmen Besar), Lesser Kinmen (Kinmen Kecil), Wuqiu, dan beberapa islet (pulau yang paling kecil) di sekelilingnya. Dari pinggir pantai Xiamen, Kinmen cuman memiliki jarak sekitaran 2 km.

Jumlah warga pulau ini sekitaran 128 ribu jiwa di tahun 2015. Di pulau khusus, ada sebuah lapangan terbang lokal, Kinmen Airport, yang menyambungkan pulau ini dengan beberapa kota khusus di dataran Taiwan, seperti Taipei, Taichung, dan Kaohsiung. Beberapa landmark dan object wisata khusus di Kinmen diantaranya Juguang Tower, National Quemoy University, Maoshan Pagoda, Gugang Lake, dan Wuqiu Lighthouse.

4. Hsinchu

Hsinchu

Wisata Taiwan selanjutnya yaitu Hsinchu, nama resminya Hsinchu City, ialah sebuah kota yang berada di daerah utara Taiwan, pas di pesisir pantai Selat Taiwan. Selainnya sebgai kota, Hsinchu sebuah propinsi. Kota ini dikenali dengan panggilan “The Windy City” karena cuacanya yang selalu berangin.

Jumlah warga propinsi Hsinchu sekitaran 434 ribu jiwa di tahun 2016. Di kota ini ada 2 stasiun kereta khusus yakni TRA Hsinchu Station dan North Hsinchu Station. Landmark dan object wisata khusus di Hsinchu diantaranya Eighteen Peaks Mountain Park, Leofoo Village Theme Park, Hsinchu Zoo, Glass Museum of Hsinchu, dan Hsinchu City Yinxi Door.

5. Green Island

Green Island

Green Island, sebagai nama sebuah Wisata Taiwan berwujud pulau vulkanik kecil yang berada di Samudra Pasifik, sekitaran 33 km dari pinggir pantai tenggara Taiwan. Berlainan dengan Kinmen yang terletak lebih dekat sama dataran Cina, letak Green Island relatif dekat sama pulau khusus Taiwan. Luas pulau ini cuman sekitaran 15 km persegi dalam jumlah warga 2.634 jiwa di tahun 1995. Keseluruhnya daerah Green Island terhitung dalam daerah administrasi Lüdao Township, Taitung County.

Di pulau ini ada sebuah lapangan terbang Lyudao Airport. Disamping itu, Green Island bisa juga diraih dengan ferry yang bertambat di Nanilao Harbor. Landmark dan object wisata khusus di Green Island diantaranya Green Island Prison, Oasis Village, Lu Tao Lighthouse, dan sebuah pulau karang yang dipanggil “Sleeping Beauty”.

6. Sun Moon Lake

Sun Moon Lake,

Wisata Taiwan Sun Moon Lake, atau Danau Matahari Bulan, sebagai danau air tawar yang berada di Yuchi Township, Nantou County. Danau selebar 7,9 km persegi ini sebagai yang terluas di Taiwan. Di tengah danau ada sebuah pulau kecil yang disebutkan Kemarin. Sisi timur danau seperti wujud matahari, dan sisi barat seperti wujud bulan. Karena wujud geografis itu hingga danau ini dinamakan Danau Matahari Bulan atau Sun Moon Lake.

Tempat di sekitaran Sun Moon Lake sebagai tempat tinggal suku Thao, salah satunya suku aborigin Taiwan. Danau ini berada di ketinggian 748 m dari permukaan laut. Salah satu sungai yang mengucur dari danau ini ialah Sungai Shuili.

7. Hualien City

Hualien City

Hualien City ialah sebuah kota yang berada di daerah pantai timur Taiwan. Kota ini bertemu langsung dengan Samudra Pasifik. Sesuai namanya, Hualien City sebagai pusat pemerintah Hualien County. Jumlah warga kota ini sekitaran 106 jiwa di tahun 2014. Dengan beberapa kota lain di Taiwan, Hualien City tersambung dengan lajur kereta (railway) lewat Hualien Station.

Di kota ini ada lapangan terbang Hualien Airport dan dermaga Port of Hualien yang menyambungkan Hualien dengan Jepang, Korea, dan Asia Tenggara. Beberapa landmark dan object wisata khusus di kota ini diantaranya Toroko National Park, Farglory Ocean Park, Liyu Lake, Hehuanshan, dan Pine Garden.

8. Keelung

Wisata di Taiwan : Keelung

Destinasi wisata paling akhir kita ini kali ialah Keelung, atau yang lebih dikenali dengan Keelung City. Keelung sebuah kota dermaga yang berada di daerah pantai utara Taiwan. Kota ini sebagai kota dermaga paling besar ke-2 di negara ini sesudah Kaohsiung. Keelung bersebelahan langsung dengan Samudra Pasifik di samping utara, dan dengan New Taipei di samping selatan yang membuat daerah Taipei-Keelung Metropolitan Tempat. Kota ini kerap dipanggil sebagai The Rainy Port mempunyai curahan hujan yang lumayan tinggi.

Jumlah warga Keelung sekitaran 371 ribu jiwa di tahun 2016. Dengan beberapa kota khusus di Taiwan, Keelung tersambung dengan lajur kereta (railway).Di kota ini ada banyak stasiun khusus seperti Badu Station, Baifu Station, Keelung Station, Nuannuan Station, Qidu Station, dan Sankeng Station. Landmark dan object wisata populer di Keelung diantaranya National Museum of Marine Science and Technology, Port of Keelung, Chaojing Park, Lovers Lake Park, dan Chung Cheng Park.

Nah  Guys, demikianlah info mengenai 8 destinasi wisata di Taiwan yang harus kalian junjungi. Mudah-mudahan berguna. Sampai jumpa di trip selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *